SJ-14-0108 : Penyakit Nyanyuk

2 posts / 0 new
Last post
Anonymous (not verified)
SJ-14-0108 : Penyakit Nyanyuk

:salam

Alhamdulillah. Seorang anak bertanya kepada umi berkenaan penyakit nyanyuk. Harap para masyeikh di sini dapat jelaskan dengan terperinci berkaitan penyakit tersebut bersandarkan Al Quran dan Hadith. Jzkk terlebih dulu.

Walahuta'ala a'lam bissawab

:wassalam

Offline
Joined: 01/01/1970 - 7:30am
SJ-14-0108 : Penyakit Nyanyuk

Bismillah
Wassolatu wassalam 'ala Rasulillah SAW,

Firman Allah SWT (16:70)

æóÇááøóåõ ÎóáóÞóßõãú Ëõãøó íóÊóæóÝøóÇßõãú æóãöäúßõãú ãóäú íõÑóÏøõ Åöáóì ÃóÑúÐóáö ÇáúÚõãõÑö áößóíú áóÇ íóÚúáóãó ÈóÚúÏó Úöáúãò ÔóíúÆðÇ Åöäøó Çááøóåó Úóáöíãñ ÞóÏöíÑñ

"Dan Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa."

Dan firman Allah SWT (22:5):

íóÇ ÃóíøõåóÇ ÇáäøóÇÓõ Åöäú ßõäúÊõãú Ýöí ÑóíúÈò ãöäó ÇáúÈóÚúËö ÝóÅöäøóÇ ÎóáóÞúäóÇßõãú ãöäú ÊõÑóÇÈò Ëõãøó ãöäú äõØúÝóÉò Ëõãøó ãöäú ÚóáóÞóÉò Ëõãøó ãöäú ãõÖúÛóÉò ãõÎóáøóÞóÉò æóÛóíúÑö ãõÎóáøóÞóÉò áöäõÈóíøöäó áóßõãú æóäõÞöÑøõ Ýöí ÇáúÃóÑúÍóÇãö ãóÇ äóÔóÇÁõ Åöáóì ÃóÌóáò ãõÓóãøðì Ëõãøó äõÎúÑöÌõßõãú ØöÝúáðÇ Ëõãøó áöÊóÈúáõÛõæÇ ÃóÔõÏøóßõãú æóãöäúßõãú ãóäú íõÊóæóÝøóì æóãöäúßõãú ãóäú íõÑóÏøõ Åöáóì ÃóÑúÐóáö ÇáúÚõãõÑö áößóíúáóÇ íóÚúáóãó ãöäú ÈóÚúÏö Úöáúãò ÔóíúÆðÇ æóÊóÑóì ÇáúÃóÑúÖó åóÇãöÏóÉð ÝóÅöÐóÇ ÃóäúÒóáúäóÇ ÚóáóíúåóÇ ÇáúãóÇÁó ÇåúÊóÒøóÊú æóÑóÈóÊú æóÃóäúÈóÊóÊú ãöäú ßõáøö ÒóæúÌò ÈóåöíÌò

"Wahai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.

Ayat-ayat ini menunjukkan penyakit nyanyuk berlaku kepada sesiapa yang dikehendaki oleh Allah SWT. Dengan itu kita diminta memohon dilindungkan dari penyakit ini, bahkan Nabi SAW sendiri memohon berlindung darinya.

Seperti yang diriwayatkan dari Anas r.a., katanya Nabi SAW sering berdoa:

Çááøóåõãøó Åöäøöí ÃóÚõæÐõ Èößó ãöäú ÇáúÈõÎúáö æóÇáúßóÓóáö æóÃóÑúÐóáö ÇáúÚõãõÑö æóÚóÐóÇÈö ÇáúÞóÈúÑö æóÝöÊúäóÉö ÇáúãóÍúíóÇ æóÇáúãóãóÇÊö

"Ya Allah! Aku berlindung dengan Engkau dari kebakhilan, kemalasan, umur yang tersia-sia (nyanyuk), dan dari siksa kubur serta bencana hidup dan mati. H.R Bukhari & Muslim.

Tujuan kita berdoa ini, adalah untuk menghindari dari penyakit nyanyuk yang boleh menyebabkan kita kurang daya pemikiran, penglihatan dan kefahaman. Juga lemah dalam melakukan banyak ibadat dan meringan-ringankan sebahagian yang lain.

Terdapat ulama yang menggalakkan juga membanyakkan bacaan Al-Quran untuk menghindari dari penyakit ini. Kita memohon dari Allah SWT agar kita semua dilindungkan dari penyakit ini. Amiin.

Rujukan:
- Sahih Bukhari & Muslim.
- Syarah Muslim oleh Imam Nawawi: 9/73
- Tafsir al-Jalalain: Surah an-Nahl: 70

Wallahu a3lam