[0010: B'nai B'rith] Ensiklopedia Gerakan Keagamaan & Pemikiran jilid 1

Primary tabs

B'NAI B'RITH


TA'RIF

B'nai B'rith adalah salah satu perkumpulan Freemasonry modem termaju. Perkumpulan ini merupakan sayap Freemasonry yang paling extrem. Prinsip dan tujuan tidak banyak berbeda dengan Freemasonry. Hanya keanggotaannya terbatas untuk putera-puteri Yahudi. Pengabdiannya, pada dasarnya, berupa dukungan penuh terhadap gerakan Zionisme Internasional.

 

SEJARAH BERDIRI DAN TOKOH-TOKOHNYA

Tanggal I3 Oktober I843, seorang Yahudi Jerman asal Hamburg, Henry Jones, memimpin sepuluh orang Yahudi berimigrasi ke New York. Mereka memperoleh izin mendirikan sebuah perkumpulan. Sejak tahun I865 perkumpulannya itu berupaya keras agar dapat wujud di Palestina. Maka tahun 1888 didirikanlah perkumpulan Yahudi pertama, B.Nai B'rith dengan menggunakan bahasa rasmi Ibrani. Di antara tokoh-tokohnya ialah, Nahum Socolov,Dasnicov, Chaim Nachman, David Yellin, Meir Berlin, Chaim Weizmann dan Jad Framkin.


Mereka berjuang mendirikan semacam koloni kecil Yahudi di Palestina. Perkampungan Yahudi pertama yang mereka dirikan ialah kampung Mutsa di dekat al-Quds pada tahun I894.

 

Dengan demikian mereka telah membentuk cikal bakal negeri Israel yang wujud sekarang ini.

 

Tahun 1895, Sigmund Freud, seorang Yuhudi yang dikenal sebagai tokoh ilmu jiwa (1856—1939) bergabung ke dalam perkumpulan ini. Dia termasuk orang yang rajin.menghadiri setiap pertemuan organisasi.

 

Tahun 1913 M, sebuah perkumpulan untuk memerangi gerakan pencemaran, penghinaan dan perusakan nama baik Yahudi didirikan. Philip Kluznick dipilih menjadi ketuanya yang pertama. Ia ditunjuk sebagai Duta Amerika untuk Majlis Umum PBB pada masa pemerintahan Presiden Amerika Eisenhower.

 

John Foster Dulles, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat tahun 1958, adalah seorang Kristen Protestan yang turut hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh organisasi ini pada tanggal 8 Mei 1956. Dalam pertemuan tersebut dia berkata, "Peradaban Barat, pada dasarnya, tegak di atas landasan keyakinan Yahudi mengenai tabiat ruhani manusia. Karena itu negara-negara Barat harus mengerti akan kewajiban membela peradaban yang berpusat di Israel ini dengan sungguh-sungguh."

 

Para Presiden Amerika Serikat sering memuji segala kegiatan dan aktivitas organisasi ini.

 

PEMIKIRAN DAN DOKTRIN-DOKTRINNYA

Pertama : slogan-slogan yang diketengahkan

1. Cinta kebaikan dan bekerja mewujudkan kesej ahteraan ummat manusia.

2. Menolong orang-orang lemah, lanjut usia dan yang memerlukan pertolongan serta membangun rumah sakit-rumah sakit.

3. Membangun asrama-asrama di seluruh penjuru dunia.

4. Membela hak asazi manusia.

5. Mencegah penghinaan terhadap Yahudi.

6. Kasih sayang sesama Yahudi yang tertindas.

7. Mengembangkan tukar menukar kebudayaan dan memperhatikan keperluan kebudayaan dan keagamaan bagi pelajar dan mahasiswa Yahudi melalui Yayasan The Hillel Fondation.

8. Memberi pengarahan di bidang latihan keterampilan.

9. Membuka dialog dengan pejabat-pejabat pemerintahan di sekitar masalah hak sipil, imigrasi dan penindasan.

 

Kedua : sasaran yang sebenarnya

1. Mereka adalah orang-orang Yahudi. Karena itu satu-satunya tugas mereka dalam gerakan ini ialah mengangkat bangsa Yahudi agar menguasai dunia.

2. Mendukung gerakan Freemasonry Internasional dalam seluruh rencana dan programnya.

3. Mendukung eksistensi Israel di Palestina dan mendorong orangorang Yahudi sipaya berimigrasi ke sana.

4. Berusaha menghancurkan moral para pemimpin agama dan pemimpin nasional selain Yahudi.

5. Bekerja sama dengan Freemasonry dan Zionisme dalam menyulut api peperangan dan fitnah. Karena itu. mereka telah memainkan peranan sangat besar dalam perang dunia pertama.

6. Menyerang Hitler dan pemerintahannya ketika ia tampil memegang kendali kekuasaan.

7. Peranan mereka sangat berbahaya dalam prolog perang dunia kedua.

8. Menghimpun berita dan menduduki pusat-pusat yang sangat sensitif di berbagai negara. Di samping itu mereka juga memilild organisasi bawah tanah dalam negeri dan jaringan kald tangannya.

9. Menembus jauh ke dalam struktur kehidupan Amerika dan Inggris. Bahkan mampu mengendalikan urusan sosial, politik dan ekonomi kedua negara tersebut.

10. Mempergunakan harta kekayaan, sex dan propaganda terencana dalam mencapai tujuan-tujuannya.

11. Membendung setiap usaha menyaingi Yahudi dan menculik para penulis yang dianggap merusak citra mereka. Sehingga semua orang tunduk kepada "kehebatan" Yahudi.

12. Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Kota Biel Swis tahun 1897, ketua delegasi B'nai B'rith mengatakan: "Pada suatu masa pasti akan datang di mana orang-orang Masehi sendiri akan segera meminta kepada Yahudi untuk menerima kendali kekuasaan".

13. B'nai B`rith mendapatkan kursi delegasi di PBB melalui keanggotaannya dalam Badan Koordinasi Organisasi-Organisasi Yahudi.

14. Pimpinan puncak organisasi dipilih setiap tahun. Hal itu ditentukan oleh Dewan Tertinggi yang terdiri dari utusan daerah (lokal). Ada pula komisi organisasi dan administrasi serta para direktur yang turut dalam administrasi organisasi.

 

AKAR PEMIKIRAN DAN SIFAT IDEOLOGINYA

B`nai B'rith sebuah organisasi Yahudi yang poros aqidah dan pemikirannya adalah Talmud. Sedangkan landasan pokok operasional untuk mencapai tujuan-tujuannya ialah Protokolat Hakim-hakim Zionis.

 

Masalah sangat asasi yang harus diwujudkan oleh organisasi ini ialah terwujudnya ambisi Freemasonry.

 

PENYEBARAN DAN KAWASAN PENGARUHNYA

B'nai B'rith didirikan di New York. Kemudian tersebar -ke seluruh Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Perancis. Pengaruh organisasi ini sangat kuat di negara-negara tersebut. Cabangcabangnya tersebar sampai Australia, Afrika dan sebagian negaranegara Asia.

 

Di Mesir telah didirikan dua buah perkumpulan, yaitu Maghin David No: 436 yang Anggaran Dasarnya ditulis dalam bahasa Arab, dan Memont No : 365 yang Anggaran Dasarnya ditulis dalam bahasa Jerman.

Kategori Berita: 

Artikel Berkaitan