[0005: El Opus Dei] Ensiklopedia Gerakan Keagamaan & Pemikiran jilid 1

Primary tabs

TA'RIF
El Opus Dei ialah sebuah institusi (agama nonkepasturan) Kristen Katholik modern yang berupaya mengangkat ajaranajaran Injil dan kembali kepada kehidupan Masehi pertama. Hal itu harus diperjuangkan sesuai dengan ketentuan organisasi yang rapih dan rasmi dengan memanfaatkan nilai-nilai positif zaman modern. Jalannya adalah melalui penguasaan politik, ekonomi dan pendidikan. Lembaga ini ' merupakan persekutuan 'Salib Suci' dan organisasi amal yang bersifat ketuhanan.

SEJARAH BERDIRI DAN TOKOH-TOKOHNYA
Didirikan oleh seorang Pendeta Jose Maria Escriva di Spanyol, 2 Oktober 1928 M. la mengklaim dirinya sebagai manusia pilihan untuk tugas ini berdasarkan "wahyu Ilahi". Klaim tersebut dilakukan untuk menambah kesucian berdirinya organisasi ini.

Tahun 1930 M telah didirikan El Opus Dei khusus wanita. Keorganisasian dan cara-cara penyebarannya sama persis.

Pemikiran-pemikiran Escriva ini menemukan lahan subur di Spanyol pada masa pemerintahan Jenderal Franco, terutama setelah perang saudara berakhir.

Anggota-anggotanya ada yang menjadi menteri, yang sampai sekarang masih duduk dalam kabinet Spanyol dan kedudukannya cukup berpengaruh. Pengikut Escriva yang sekarang menjadi menteri antara lain, Lobeth Bravo, Menteri Perindustrian, Romero, Menteri Kehakiman, Tanago, Menteri Pendidikan dan Ambrowar, Menteri Pertanian.

Di Italia tokoh El Opus Dei yang paling menonjol ialah 'Flacuai, Menteri Pendidikan, Sealfaro, Menteri Dalam Negeri Fazo, Dirjen Kurikulum Departemen Pendidikan -Italia dan Adriuno Bussda, Rektor Universitas Katholik di Milan yang dijabatnya sejak thun 1985.

Dewasa ini, sekurang-kurangnya, mereka memiliki 30 orang, wakil di Parlemen Spanyol yang dikendalikan dan digerakkan organisasi.

Banyak pula uskup atau pendeta yang punya komitmen dengan organisasi ini. Mereka bekerja di berbagai tingkat masyarakat dan di barisan militer.

Di Roma, mereka memiliki Lembaga Pengkajian Theology yang merupakan bagian dari Universitas Navara Spanyol.

PEMIKIRAN DAN DOKTRIN-DOKTRINNYA
Pertama: Pemikiran Keagamaan dan Keorganisasian
Organisasi ini bersifat keagamaan Masehi murni. Bekerja demi meningkatkan agama Masehi, sesuai dengan kepercayaan Katholik, lewat jalur pendidikan, politik dan ekonomi.

Para penggeraknya terdiri dari kalangan agamawan dan kaum profesionalis lainnya, wanita dan laki-laki. Dalam aktivitasnya organisasi ini sangat memperhatikan kalangan pemuda.

Sistem organisasinya sangat menekankan anggotanya supaya menjadi teladan yang baik, selain pandai menyimpan rahasia dan bergerak secara diam-diam.

Anggota-anggotanya dididik berdisiplin keras, bekerja dengan kesungguhan, rendah hati, berbudi tinggi:dan berjiwa sederhana. Tampaknya organisasi ini ingin menghidupkan semangat kaum Masehi terdahulu.

Pengorganisasiannya berdiri di atas ketentuan-ketentuan yang ketat dalam soal keanggotaan, hubungan sesama anggota, pengunduran diri atau pemecatan. Organisasi ini juga mengalokasikan semua potensi secara obyektif. Setiap orang diberi hak membela diri dan menolak.

Pengaturan aktivitas yang integral mengarah kepada keserasian antara aspek spiritual keagamaan dengan pemanfaatan nilai-nilai positif peradaban modern, seperti piranti kontrol yang ketat yang memiliki sasaran, sistem, ketentuan dan dana yang cukup.

Pada awalnya organisasi ini tumbuh sebagai persekutuan dari sistem Jenderal Franco. Ternyata dari dukungan Jenderal tersebut berpengaruh sangat penting dalam meningkatkan pengaruh dan penyebarannya.

Organisasi ini dapat juga disebut sebagai 'Mafa Keagamaan Katholik' yang bergerak atas dasar "wahyu" kalau dilihat dari sebagian tujuannya dan kepentingannya berupa penguasaan politik dan ekonomi di Spanyol khususnya dan di dunia internasional umumnya. Organisasi ini telah membentuk 'Emperium Ekonomi dan Industri' yang merupakan salah satu emperium ekonomi yang menguasai berbagai industri yang termaju dan termodern di dunia.

Dengan penuh keyakinan, organisasi ini berupaya membendung arus organisasi kiri, liberalisme dan massonisme.

Jika seorang calon anggota ingin masuk organisasi ini, ia harus tunduk kepada 'kehendak Tuhan'. Maksudnya ialah, jika seseorang telah menjalani kegiatan dan latihan keruhanian yang diselenggarakan organisasi selama kira-kira enam bulan, maka ia dapat diterima sebagai calon anggota resmi.

Setelah kurang lebih enam tahun bergabung di dalam organisasi, kemudian diselenggarakan upacara yang disebut 'Ikhlas dan Setia' untuk ditetapkan menjadi anggota penuh. Setelah itu diberinya sepotong batu mulia yang harus dibawa sepanjang hidupnya.

Organisasi ini sering menjadikan keledai sebagai lambangnya. Karena berkeyakinan, Isa al-Masih ketika memasuki Quds, ia berkendaraan seekor keledai. Di antara upacara do'a Escriva berbunyi, "Aku adalah keledai-Mu yang kotor dan berkudis."

Beberapa contoh acara mental training mereka antara lain:
1. Mencium tanah ketika bangun tidur
2. Masuk kamar mandi dan potong rambut maksimal selama setengah jam
3. Selama setengah jam harus berdo'a sendirian kemudian disusul dengan kebaktian bersama selama 10 menit
4. Setelah makan siang, berziarah ke tempat-tempat yang disebut sebagai 'korban suci'. Sesudah itu mengheningkan cipta selama 3 jam
5. 'Ashruniyyah (masa penyaringan), yaitu waktu khusus untuk kegiatan bersama yang disebabkan adanya sebagian calon anggota yang dilibatkan dalam acara diskusi mengenai topik keagamaan atau peristiwa keagamaan tertentu
6. Berdo'a selama setengah jam
7. Pada hari terakhir dibacakan beberapa do'a suci dan dilakukan pengecekan umum terhadap segala aktivitas keruhanian atau keuangan yang telah dilakukan selama latihan. Hal itu dimulai dengan mengheningkan cipta total. Sejak acara ini sampai acara berakhir seluruh peserta sama sekali tidak diperkenankan berbicara.
8. Sebelum tidur mereka harus memberi' isyarat tanda salib dengan tangan ke badan lalu memercikkan air suci ke atas tempat tidur, kemudian berdo'a sejenak dan tidur.

Kedua: Struktur Organisasi
Majlis Umum
1.Majlis Umum yang terdiri atas Ketua Umum, Sekjen, Wakil Umum dan beberapa anggota yang mewakili 14 negara. Majlis inilah yang berwewenang membuat keputusan-keputusan penting dan merupakan kekuasaan tertinggi dalam organisasi dari semua cabang-cabangnya di dunia. Organisasi ini mempunyai tiga biro yang sifatnya otonom, yaitu Biro Kependetaan, Biro Orang-orang Sipil dan Biro Kewanitaan.
2. Pendeta, yang merupakan tingkat keanggotaan tertinggi yang menjadi idaman setiap anggota.
3. Anggota tetap.
4. Pengangkat sumpah setia.
5. Anggota tidak tetap.
6. Pembantu.

Sehubungan dengan itu Gereja Spanyol telah mengakui struktur El Opus Dei sebagai organisasi semi formal. Pengakuan inilah yang mengukuhkan keberadaannya dan menjadikannya semakin meluas. Pendirinya mendapatkan perhatian serius dari Vatikan. Inilah yang mendorongnya pindah dan menetap di Roma. Kemudian ia menjadikan Roma sebagai kantor pusat organisasinya. Sampai akhir hayatnya, yaitu tahun 1975, masih menjabat sebagai ketua.

Ketiga: Buku-buku Karangannya
Tahun 1934, Escriva menyusun booklet yang diberi judul 'Gambaran-gambaran Ruhani'. Buku ini tiba-tiba menghilang dari peredaran dan muncul dengan judul 'Jalan' yang kemudian dipandang sebagai injilnya El Opus Dei. Selain itu Escriva menulis disertasi doktornya, selain buku-buku kecil yang berisi do'a-do'a resmi mereka.

Di antara buku-buku pegangan organisasinya ialah yang berjudul Nilai-nilai Ketuhanan bagi Manusia', tulisan Jose Ortega, yang berisi tentang manusia Katholik Salibi, dan buku 'Ruhani Orang-orang Sekular' oleh Howan Bartisto.

Keempat: Kemampuan Organisasi
Dewasa ini anggota E1 Opus Dei di dunia telah mencapai 72.000 jiwa dari 78 kewarganegaraan. Separohnya berada di Spanyol. Selain itu ia memiliki 700 lembaga pendidikan sejak Taman Kanak-kanak, sampai Perguruan Tinggi serta fasilitas pelajar lainnya seperti asrama pelajar dan berbagai jenis lembaga kebudayaan. Semuanya tersebar di hampir seluruh dunia. Dari jumlah tersebut 497 berupa lembaga pendidikan tinggi, universitas dan sekolah tinggi.

Dalam bidang publikasi, organisasi ini memiliki 52 pemancar radio, 12 perusahaan. industri dan distribusi film, 694 percetakan dan penerbitan, 38 kantor berita.

Sedangkan di bidang ekonomi, mereka memiliki 13 bank, berbagai perusahaan, pabrik dan real estate.

Hampir seluruh anggota Dewan Tertinggi Penelitian Ilmiah Spanyol didominasi oleh anggota organisasi ini.

Di Spanyol saja, E1 Opus Dei memiliki 21 asrama pelajar yang dikelola langsung oleh organisasi.

AKAR PEMIKIRAN DAN SIFAT IDEOLOGINYA
Organisasi ini adalah organisasi Kristen Katholik yang menyeru ketnbali kepada kehidupan kristiani pertama dengan mengambil nilai-nilai positif zaman modern.

Orientasinya adalah agama, politik, ekonomi dan pendidikan.

Selanjutnya organisasi ini meyakini segala ideologi kristiani seperti doktrin trinitas, Tuhan Bapak, Tuhan Anak, Ruhulkudus, baptis, salib, penebusan dosa, korban, dosa warisan, makan daging babi dan keyakinan-keyakinan yang dipegang kaum Kristen umumnya.

PENYEBARAN DAN KAWASAN PENGARUHNYA
Hampir di seluruh negeri Kristen memiliki organisasi ini. Keberadaannya telah berkembang luas, menjangkau lebih dari 50 negara. Keberadaannya telah mempengaruhi bidang-bidang pemikiran, kebudayaan, politik dan ekonomi negara-negara tersebut.

Kekuatannya terpusat di Spanyol dan Italia. Bahkan Italia merupakan pusat pengendalian organisasi secara internasional. Di jalan Virla Bruno, Roma terletak kantor pusatnya yang mengatur urusan manajemen dan organisasi. Untuk kawasan Asia Timur, pengendalian organisasi dilakukan di Filipina." Sedangkan untuk kawasan Amerika Latin dipusatkan di Mexico. Selanjutnya organisasi ini telah merembes ke dalam kehidupan urnum di Columbia, Chili, Argentina dan Kenya di Afrika, meski kadar perembesan nya tidak sama.